Sunday, October 20, 2013

MENYIAPKAN KANDANG IGUANA





Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menyiapakan kandang Iguana, diantaranya:

Ukuran Kandang
Sebelum Anda membeli iguana, sebaiknya kandang sudah dipersiapkan terlebih dahulu. Pilih kandang yang
ukurannya sesuai dengan ukuran iguana yang dipelihara. Namun, sebenarnya semakin luas kandang maka semakin baik karena ruang gerak iguana semakin luas. Umumnya, ukuran kandang standar untuk iguana adalah panjang 2,5 – 3 m, lebar 1,2 – 1,5 m, dan tinggi 1,8 m.
Memilih alas kandang
Iguana sering menggunakan lidahnya untuk mengidentifikasi benda yang berada di sekitarnya, termasuk benda yang tergeletak di atas alas kandang. Oleh karena itu, pilihlah bahan alas kandang yang aman. Hindari penggunaan alas yang beracun bagi iguana. Alas yang berbahan serutan kayu juga tidak baik digunakan sebagai alas karena bahan tersebut bisa tertelan oleh iguana. Gunakan kertas koran atau kertas bekas sebagai alas. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan alas berbahan jenis karpet karet. Salah satu ciri alas yang baik adalah mudah dibersihkan.
Makanan
Iguana merupakan binatang pemakan tumbuhan, oleh karenanya, makanan yang diberikan berupa 40-45% hijau-hijauan, seperti seledri ; 40-45% berupa sayuran, seperti buncis, kacang-kacangan, kacang polong, kacang ijo, asparagus, okra, alfalfa, bawang, jamur, paprika, kentang, labu kuning, dan wortel, serta 5-10% berupa buah-buahan, seperti blackberry, stroberi, raspberry, anggur, mangga, melon, pepaya, pisang dan apel. Tidak dianjurkan memberi makanan dari tanaman liar karena bisa menyebabkan iguana terkena penyakit. Berikanlah variasi makanan yang berbeda jenisnya. Sebab, jika hanya memakan satu jenis makanan saja, dapat mengakibatkan pertumbuhannya terhambat dan bisa terjadi kekurangan nutrisi atau gizi.
Suhu
Reptil tidak dapat mengolah vitamin D dengan sendirinya tanpa bantuan sinar ultraviolet. Oleh karenanya, iguana membutuhkan paparan sinar matahari pagi. Letakkan iguana dalam akuarium di dekat jendela atau di bawah paranet. Dengan mendapatkan kecukupan sinar matahari, pertumbuhan iguana menjadi pesat dan tubuhnya menjadi kuat. Agar tulangnya kuat, tambahkan pula suplemen sumber kalsium. Iguana berasal dari habitat yang bersuhu tropis sehingga perlu tempat yang hangat. Oleh karena itu, aturlah suhu yang sesuai dengan habitat aslinya. Suhu kandang yang baik berkisar 26-29C. Sementara suhu untuk tempat berjemur diatur sekitar 32-35C. 
Jaga kesehatan iguana dengan sinar UV
Sinar ultar violet (UV) baik untuk menjaga metabolisme dan pertumbuhan tulang pada iguana. Tanpa sinar ultra violet, iguana akan mudah sakit dan bisa menyebabkan kematian. Oleh karena itu, sediakan lampu sinar UV yang sesuai untuk iguana. Di toko-toko yang banyak sekali dijual jenis lampu UV-B dengan beragam kegunaan untuk reptil. Namun, sinar UV-B dalam lampu hanya bertahan sekitar 6 bulan. Dalam jangka waktu tersebut, biasanya tingkat terang lampu akan sedikit memudar dan UV-B sudah hilang. Oleh karena itu, untuk selalu memberikan kesehatan optimal untuk iguana Anda, gantilah lampu UV-B setiap 4-6 bulan.
Kelembapan
Iguana menyukai kelembaban sekitar 65-75%. Kelembapan yang sesuai kebutuhan membuat iguana nyama sehingga pertumbuhan optimal. Jika suhu udara terlalu tinggi (panas), Anda bisa meningkatkan kelembapan dengan pengairan yang menggunakan mesin. Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan menyemprotkan kandang menggunakan air bersih sehari dua kali sehingga kelembapan kandang dapat dipertahankan.

Semoga pembahasan di atas dapat menambah wawasan kalian hehe
See u in next artikel :D


0 comments:

Post a Comment