Saturday, October 19, 2013

BEBERAPA TIPS RAHASIA PADA IGUANA


Memilih Iguana
Dipasaran, jenis iguana yang banyak diperjual-belikan ada dua macam, yaitu iguana green iguana colombia dan elsavador. Selain jenis tersebut, masih ada iguana laut. Namun, iguana jenis ini merupakan
binatang yang dilindungi (appendix 1 cites) sehingga tidak bisa dipelihara sebagai binatang kesayangan, kecuali atas izin dari pihak tertentu.

Perkuat otot dengan berolahraga
Meskipun iguana sangat suka diam dan bersantai, tetapi hewan ini jarang yang obesitas karena porsi makanannya pas. Namun, bukan berarti iguana tidak akan mengalami obesitas dan tidak membutuhkan olahraga. Iguana butuh olahraga agar otot-ototnya kuat, apalagi untuk sang betina yang akan mengeluarkan telurnya. Berenang sangat bagus untuk iguana. Kenyataannya mereka adalah perenang yang andal dan sangat menyukai air. Iguana juga dapat dilatih untuk berjalan-jalan bersama Anda. Olahraga ini bermanfaat juga bagi iguana untuk mendapatkan sinar matahari yang baik untuk tubuhnya. Gunakan tali khusus iguana yang pas dengan tubuhnya (tidak kekecilan atau kebesaran) ketika mengajaknya berjalan-berjalan.

Memotong kuku
Kuku merupakan bagian tubuh yang pertumbuhannya cepat. Kuku pada iguana berfungsi untuk melindungi daging yang ada di bawahnya. Kuku juga berfungsi mencengkeram permukaan tanah atau kayu ketika iguana sedang berjalan. Namun demikian, kuku yang terlalu panjang juga akan mengganggu iguana ketika sedang berjalan. Oleh karenanya, potong kuku iguana secara rutin, kira-kira 2 minggu sekali. Gunakan gunting khusus untuk memotong kuku iguana agar hasil potongannya rapi.

Mengawinkan iguana
Iguana merupakan binatang yang berkembang biak dengan bertelur. Agar bisa ditetaskan, telur harus dibuahi oleh jantan. Hal ini terjadi melalui proses perkawinan. Agar proses perkawinan terjadi secara efektif, masukkan induk jantan dan induk betina dalam satu kandang. Faktor makanan juga sangat mendukung terbentuknya telur yang fertil. Saat sebelum kawin, berikan makanan yang berkualitas dalam jumlah yang cukup, baik bagi iguana jantan maupun iguana betina.

Semoga pembahasan di atas dapat menambah wawasan kalian hehe
See u in next artikel :D


2 comments: